Tuesday, May 14, 2013

Spherical Divergence

Akibat pengaruh geometri bumi yang spheric, energi akan semakin melemah jika semakin jauh dari sumber. Maka diperlukan faktor koreksi untuk meningkatkan amplitudo sesuai fungsi waktunya. Koreksi spherical divergence ditujukan untuk meningkatkan resolusi di kedalaman yang lebih dalam.


















Koreksi spherical divergence sendiri menggunakan formula P. Newman sebagai berikut :

Koreksi ini merupakan koreksi yang digunakan akibat geometri bumi, dengan pengaruh velocity untuk setiap time. Sehingga data yang dikenai spherical divergence masih preserve. Berbeda dengan ekualisasi (automatic gain control) yang merupakan multiplikasi untuk amplitudo pada window tertentu menggunakan rata-rata amplitudo pada window tersebut. Data yang dikenai AGC tidak lagi preserve.

Selain dengan menggunakan koreksi spherical divergence, untuk membantu meningkatkan resolusi di kedalaman dapat juga dilakukan time gain function dengan formula (T/250)^n dengan n tertentu.

Berikut adalah perbandingan data sebelum dan setelah koreksi spherical divergence :

 Berikut adalah data setelah diberikan time gain function :

1 comment:

erectile dysfunction treatment said...

You're so awesome! I don't think I have read through something like that before. So good to discover another person with unique thoughts on this topic. Seriously.. thanks for starting this up. This website is one thing that is required on the web, someone with a little originality!